Mempersiapkan Diri & Kendaraan Untuk Bepergian

Hi Troopers, gimana kabar dunia, baek-baek aja kan setelah libur lebaran abis-abisan kemarin? Good to hear that. Apa? Bangkrut? Rasain hahaha… *dirajam pembaca*

Bicara soal bangkrut, pernah mengalami kebangkrutan selama traveling gara-gara mobil yang Troopers kendarai mengalami kerusakan? Budget yang dialokasikan untuk bersenang-senang ternyata harus terpakai untuk memperbaiki kendaraan? Saya pernah. Dan rasanya sangat menyebalkan. Apa? Mobilnya ditendangin saking kesalnya? Jangan, kasih saya aja haha..

Dalam bepergian memang terkadang kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan sehingga merusak agenda perjalanan kita. Padahal tanpa disadari bahwa sebenarnya kita bisa menghindari kejadian tersebut jika mempersiapkan diri dengan benar lho Troopers. Berikut saya share sedikit tips mengenai Mempersiapkan Diri & Kendaraan Untuk Bepergian.

Persiapan dalam berkendara pada dasarnya dibagi atas 2 (dua) hal :

  1. Persiapan pada Pengendara
  2. Persiapan pada Kendaraan

I. Persiapan Pada Pengendara

Kondisi fisik yang fit adalah kata kuncinya. Untuk mendapatkannya, sebelum berkendara Troopers harus melakukan 2 hal : Istirahat & Makan yang cukup.

Beristirahat minimal 6 (enam) jam sebelum berkendara adalah hal yang sangat dianjurkan. Jadi jika Troopers harus melakukan perjalanan pada pukul 6 pagi, pastikan untuk tidak tidur terlalu larut sebelumnya. Kurangnya waktu istirahat akan menurunkan tingkat kebugaran tubuh dan mempengaruhi keamanan anda saat berkendara.

Makan yang cukup diartikan bahwa Troopers tidak boleh terlalu lapar atau terlalu kenyang sebelum berkendara. Pastikan asupan mineral, protein dan air yang dikonsumsi seimbang. Kondisi tubuh terlalu lapar atau terlalu kenyang sama-sama berbahaya karena keduanya berpotensi menurunkan konsentrasi kita selama berkendara.

II. Persiapan Pada Kendaraan

Menurut teori Defensive Driving (sumber : Jakarta Defensive Driving Consulting), persiapan pada kendaraan meliputi 5 (lima) hal yang biasa disebut dengan POWER.

Kelima hal tersebut adalah :

  1. Paper (Surat-surat)
  2. Oil (Oli/Pelumas)
  3. Water (Air)
  4. Electricity (Kelistrikan)
  5. Rubber (Karet)

II.1. Paper (Surat-surat Kendaraan

STNK

Sebelum Troopers mulai berkendara, pastikan bahwa kelengkapan administrasi telah dipersiapkan dengan baik. Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang masih valid dan sesuai dengan jenis kendaraan mutlak dimiliki. Begitu pun surat-surat kendaraan seperti STNK, KEUR (untuk kendaraan angkut) juga harus dipastikan ketersediaannya di dalam kendaraan.

II.2. Oil (Oli/Pelumas)

Sebelum menghidupkan kendaraan, bukalah kap mesin dan temukan 3 (tiga) jenis pelumas yang wajib dipastikan ketercukupannya untuk menjamin kelancaran perjalanan Troopers. Ketiga pelumas tersebut adalah :

  1. Oli Mesin
  2. Oli Rem
  3. Oli Power Steering.

Cara memastikan ketersediaannya cukup dengan membaca indikator yang terdapat pada tempat penyimpanan pelumas tersebut.

Untuk pelumas mesin, pada umumnya Troopers harus menarik keluar tongkat indikator pelumas yang tertanam ke dalam mesin terlebih dahulu untuk mengerti ketersediaannya.

Pemeriksaan Oli Mesin

II.3. Water (Air)

Sebelum memulai perjalanan, Troopers harus memastikan terlebih dahulu ketersediaan air pada radiator dan washer (pencuci jendela) anda.

Air Radiator

Air Radiator yang cukup untuk sirkulasi akan membantu proses pendinginan mesin selama perjalanan sehingga Troopers terhindar dari bahaya Over Heat yang mengakibatkan kendaraan mogok. Sedangkan Air Washer akan membantu Troopers untuk membersihkan jendela dan memperjelas pandangan saat menyetir.

Cara memastikannya juga mudah, tinggal membaca indikator yang terdapat pada tempat penyimpanan air tersebut. Pastikan tidak melebihi batas maksimal dan tidak kurang dari batas minimalnya.

 II.4. Electricity (Kelistrikan)

Ingin menyalakan lampu kendaraan saat berkendara di malam hari, namun ternyata lampunya rusak? Mimpi buruk harus berkendara dalam kondisi gelap gulita. Selain menyulitkan dalam menyetir, juga membahayakan nyawa Troopers sendiri. Anda jadi sulit mendeteksi jalan dan sulit terdeteksi oleh pengendara lain di sekitar anda.

Lampu Mundur

Lampu Besar

Karenanya sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa seluruh lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Ada beberapa lampu yang mutlak dipastikan fungsinya yaitu :

  1. Lampu besar
  2. Lampu kecil/kota
  3. Lampu sign (kanan dan kiri)
  4. Lampu belakang
  5. Lampu rem
  6. Lampu mundur
  7. Lampu Indikator pada Dashboard

II.5. Rubber (Karet)

Perjalanan terganggu akibat ban kempes atau pandangan terhalang karena karet wiper tidak bekerja optimal? Hal-hal ini sebenarnya dapat diantisipasi terlebih dahulu jika kita meluangkan waktu untuk memeriksa material Karet yang terdapat pada kendaraan kita.

Pemeriksaan Tekanan Angin Roda

Pastikan roda kendaraan Troopers memiliki tekanan angin yang cukup. Untuk memeriksanya dapat melihat indikator standar tekanan angin untuk roda yang biasanya tercantum di pintu depan sisi pengemudi. Akan lebih baik jika Troopers memiliki perlengkapan pengukur tekanan angin di dalam kendaraan, untuk kemudian dicocokkan dengan indikator standar tersebut. Atau jika ingin lebih teliti, dapat mengukurnya di tukang tambal ban terdekat.

Perlu diingat bahwa roda dengan tekanan angin yang kurang, akan lebih mudah meledak dibandingkan dengan roda dengan tekanan angin standar atau lebih.

Selain roda, kondisi karet pada wiper juga harus dipastikan kelayakannya. Karet wiper yang terlalu kering tidak akan mampu membersihkan jendela dengan optimal. Pada akhirnya pandangan kitalah yang akan terganggu karenanya.

Demikian hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai perjalanan dengan mengendarai kendaraan. Persiapan yang baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita harapkan di sepanjang perjalanan. Mudah-mudahan tips ini berguna dalam membantu kenyamanan Troopers dalam bepergian. Salam.

Sumber Gambar :

(1)     sumber : http://bolongpute.blogspot.com/2011/08/kehilangan-stnk.html

(2)     sumber : http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/08/28/322685/295/22/Ngabuburit-Sambil-Cek-Cairan-Mesin-Oli-Mesin

(3)     sumber : http://mobile.solusimobil.com/nasional/nasional/artikel/mengetahui-kondisi-cairan-mobil

(4)     sumber : http://madoctorengine.blogspot.com/2011/05/macam-lampu-otomotive.html

(5)     sumber : http://www.liektoyota.com/2012/07/pentingnya-pemeriksaan-lampu-mobil/

(6)     sumber : http://ceritaraja.blogspot.com/2012_07_06_archive.html

Biodata Singkat Penulis

 Lahir pada 23 Januari 1977, Billy Hardjanto (@ordinarybilly) menghabiskan masa kanak-kanaknya di Jakarta dan Yogyakarta. Setelah lulus dari Teknik Industri ITB, dirinya langsung berkarir di industri otomotif hingga sekarang.

Saat ini bertugas pada Regional Office Asia Pacific untuk sebuah produsen kendaraan bermotor internasional berkedudukan di Bangkok, Thailand dengan spesialisasi pada bidang Vehicle Logistics Safety, Quality & Environment.

Selalu menyempatkan diri melihat dunia di sela pekerjaannya. Demi menambah wawasan dan menjaga keseimbangan, katanya.