Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan Ulul Albab, Bandung – Update Traveling For Charity

Berawal dari ide spontan yang di lontarkan Rozy “Ojie” Aldilasa (@SiRozy) untuk melakukan perbuatan baik selama bulan Ramadan iniTravelTroopers berencana untuk mengadakan #TravelingForCharity di panti asuhan yang terletak di Bandung – Jawa Barat.

Usulan itu langsung disambut dengan baik dan secara spontan, Troopers membentuk sebuah tim sederhana untuk mematangkan event ini.

Mulai dari menginfokan via akun Twitter pribadi, maupun official account TravelTroopers (@TravelTroopers) dan membuat pengumuman di blog ini, sampai menjemput baju-baju yang berasal dari sumbangan followers kami.

Respon yang kami dapatkan sungguh diluar dugaan kami. Banyaknya tanggapan dari followers yang ingin menyumbangkan baju layak pakai, alat-alat tulis, sampai sembako.

Kenapa hanya baju layak pakai dan sembako yang kami ingin kumpulkan? Kenapa bukan uang?

Well…sumbangan berupa uang hanya kami infokan ke Troopers yang tergabung di dalam bbm group TravelTroopers. Karena itulah kami mengumpulkan baju layak pakai dan sembako dari followers kami. Namun dalam perkembangannya, ada juga beberapa kawan dari Troopers yang ikut berpartisipasi dalam bentuk uang tunai dan buku bacaan.

Kumpulan baju layak pakai mencapai 8 kantong ukuran super besar dan beberapa kardus. Sedangkan sembako pun tak kalah banyak jumlahnya, berupa beras dan minyak goreng.

04 Agustus 2012 merupakan saat-saat yang Troopers nantikan. Berangkat dari Bekasi pada jam 7.15 pagi, kami segera menuju ke arah Bandung.

traveling for charity

Siap-siap berangkat ke Bandung, nih!

Panti Asuhan Ulul Albab ini terletak di Jl. Bojongkoneng atas kampung pagersari no.8 – Bandung, Jawa Barat.

Sesampainya di Panti Asuhan Ulul Albab, kami pun langsung menurunkan barang-barang yang akan kami sumbangkan. Kami pun langsung di sambut oleh beberapa adik-adik dari Ulul Albab. Mereka membantu kami untuk membawa barang-barang tersebut, sambil ditemani oleh pengurus panti. Mereka begitu bersemangat!

traveling for charity

Bareng-bareng adik panti angkut barang sumbangan ..

traveling for charity

Halaman depan Panti Asuhan Ulul Albab

Pengurus panti, yaitu Ustad Ade, bercerita banyak kepada kami mengenai keadaan di Ulul Albab ini. Mulai dari letaknya yang jauh dari pemukiman warga, renovasi-renovasi untuk kenyamanan panti, kegiatan adik-adik panti, dan segala mujizat yang ada di Ulul Albab.

traveling for charity

Ngobrol bareng dua pengurus panti

traveling for charity

Main bareng adik-adik panti asuhan

Total jumlah anak di Ulul Albab ini ada sekitar 90-an. Tetapi yang tinggal di dalam panti ada kurang lebih 50-an anak. Tingkat pendidikan mereka mulai dari SD sampai kuliah.

Ustad Ade pun bercerita kepada kami kalau pembangunan di panti ini sering kali mendapatkan dana yang tak terduga. Seperti yang beliau ceritakan kepada kami, pernah datang seseorang jam 11 malam ke panti ini untuk memberikan sumbangan uang tunai. Ketika hendak akan dicatat namanya ke dalam buku donatur, orang tersebut menolak. Ustad Ade pun membuka sumbangan itu dan jumlahnya sama persis dengan yang dibutuhkan oleh Ulul Albab untuk melakukan renovasi.🙂

Dibantu oleh pengurus panti, kami pun mengumpulkan adik-adik Ulul Albab di pendopo milik panti. Kami mengadakan games sederhana untuk mereka.

traveling for charity traveling for charity traveling for charity
Adik-adik yang beruntung mendapatkan door prize dari games

Antusias dan semangat. Dua kata itulah yang terrekam dalam ingatan kami terhadap adik-adik Ulul Albab. Mereka pun berebutan untuk menjawab setiap pertanyaan yang kami ajukan.

Selepas games dan tawa canda dengan mereka, kami melanjutkan acara dengan sholat Dzuhur bersama. Mengucapkan syukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan kepada kami semua.

Tawa lepas mereka seakan-akan menyadarkan kami pentingnya rasa bersyukur akan setiap keadaan yang kami miliki. Kekurangan mereka bukanlah sebuah tembok yang menghalangi mereka untuk maju dan tentunya…ceria.🙂

Hal sekecil apapun yang kita lakukan untuk saudara kita yang berkekurangan akan di catat dengan tinta abadi Sang Pencipta.

traveling for charity

Troopers foto bareng sebagian besar penghuni panti

Salam,

– TravelTroopers –

Note: Jikalau ada Troopers yang tergerak hatinya untuk menjadi donatur di Panti Asuhan Ulul Albab. Bisa langsung menyumbang. BCA: 4381438958 atau Mandiri: 1300012031772 atas nama Ade Muharam.🙂
Cheers!

Artikel liputan beserta beberapa foto ini ditulis oleh Donal (@monyetterbang), salah satu member Travel Troopers.

Terima kasih juga untuk

.

Harry (@harry_mdj)

.

Matheo (@callmematheo)

-keduanya juga member Travel Troopers-  untuk sumbangan beberapa fotonya.d