DUARANSELWANNABE 1st ever Gathering – Grand Indonesia (Food Louver) – Jakarta (22 June 2012)

1st gathering duaranselwannabe (DRWB)

Dua Ransel Wanna Be

Apa sih Dua Ransel Wanna Be (DRWB) ?
Salah satu anggota #Ochoy menggambarkan kami sebagai * People with the same interest: Travelling, Not a fanbase just FRIEND * yang menurut saya IYA banget.
Pada dasarnya anggota DRWB hobby, gemar, addict akan travelling dan (mostly) dipertemukan dan kenal satu sama lain karena sama-sama merupakan follower dari akun twitter pasangan Dina & Ryan (www.duaransel.com & www.vagabondquest.com) yang sejak April 2009 meninggalkan kampung halaman untuk menjelajah dunia, yang mana sampai saat ini telah lebih dari 40 negara dan sedang berada di BC Canada (pada saat artikel ini saya tulis).
Hubungan pertemanan virtual dari twitter hingga tatap muka pertama kali (bagi beberapa anggota ada yang kali ke 2 juga) di Pasar Festival Kuningan – Jakarta, bersama dengan Dina yang kebetulan sedang singgah di Indonesia, pada awal Mei 2012 itulah yang merupakan cikal bakal berdirinya group ini.
Tak puas dengan gathering pada awal Mei tersebut, beberapa anggota mulai merencanakan gathering berikutnya. Dengan alasan efektifitas, salah seorang anggota (akhirnya menjadi admin-nya #Tyo) mencetuskan untuk membuka new group saja di Blackberry (BB) sehingga lebih enak berdiskusi dsb dsb-nya.
Seiring waktu (yaelahhhh) dalam waktu singkat group DRWB semakin berkembang baik anggota maupun topik yang didiskusikan, mulai dari (jalur benar) all about travelling, tips and tricks pada saat nge-trip, sharing foto travelling, planning trip bareng dari tujuan domestik sampai internasional, info-info ticket promo, sharing mimpi-mimpi sesama anggota, motivasi  sampai ke (jalur ngaco) pembicaraan-pembicaraan absurd yang kadang bagi “pemula” susah diikuti dan membingungkan haha, em… kadang sedikit dewasa juga #Kulum. Keragaman topik dan latar belakang anggotanya lah yang membuat group ini selalu ramai (almost 24 jam) sehingga sering bikin BB lemot, hang, dsb dsb yang akhirnya menimbulkan dilemma tersendiri bagi para anggotanya , duh bikin battery cepet habis, BB panas, dsb dsb, tapi ga rela kalo sampai ketinggalan topik haha.
Bahkan ada juga yang copy chat dari group ke memo supaya nanti bsia dibaca semua, biar lambat tetapi asal tetep update haha.
Anggota DRWB sangat beragam dan ada di seantero jagat raya! BENERAN! Ga bohong, meskipun memang didominasi oleh yang berdomisli di Jabodetabek, anggota dari DRWB sampai ke Bali, Manado, Yogyakarta, Surabaya hingga Afrika (iya beneran Benua Afrika).
Anggota dari DRWB juga terdiri dari keragaman profesi dari mahasiswa/i, mbak/mas admin (kayak saya), penulis buku, penyiar radio, wiraswasta, hingga ke para dokter (Iya, dokter beneran, yang suka nyuntik tuh).
Singkat cerita akhirnya gathering yang ditunggu-tunggu pun tiba juga, yaitu hari Jumat tanggal 22 Juni 2012, bertempat di Grand Indonesia dalam Food Louver. Unfortunately, dikarenakan keragaman latar belakang anggota, maka gathering tersebut tidak bisa dihadiri oleh seluruh anggota (saat itu kurang lebih ada 28 anggota), baik terhambat karena lokasi hingga telah mempunyai acara lain yang tidak bisa ditinggalkan/ditunda.

lucky eight yang datang duluan

Bagi saya, entah apa yang terjadi jika semua anggota datang semua, karena dengan 15 orang anggota yang datang saja sudah luar biasa ramai dan gila (in a good way), tawa canda tidak pernah terhenti terdengar dari meja kami. Acara gathering semakin bertambah meriah dengan adanya acara tukar kado yang malam sebelumnya diusulkan mendadak oleh salah seorang anggota #Donal yang segera direspond positif oleh semua anggota.
Di tengah gegap gempitanya gelak tawa tiba-tiba sedikit keheningan haru meliputi hati kami (bahkan ada yang meneteskan setitik dua titik airmata), salah seorang anggota di Benua Afrika #H mengirimkan foto diri bersama beberapa bocah Afrika yang memegang spanduk kertas sederhana bertuliskan “Selamat Berkumpul & Berbagi Mimpi | DuaRanselWannaBe | Salam Hangat Dari Afrika” … ah hati ini sangat terenyuh, tahu bahwa #H ingin hadir pada acara gathering tersebut tetapi apa daya jarak memisahkan kami begitu jauh. Hal ini memicu diadakannya uji coba skype antara #Ojie dan #H yang sempat tersambung lalu putus, tersambung eh putus lagi tapi paling tidak sempat ada moment kami bertatap muka dan saling menyapa (dadah dadah gitu).

Tak ingin event ini berlalu begitu cepat tetapi apa daya bahwa musuh kami adalah waktu dan banyak juga teman-teman anggota yang rumahnya jauh-jauh, sehingga event tersebut harus usai juga dengan komitmen bahwa gathering ini harus diadakan lagi secepatnya dan rutin.
Dalam gathering ini pula tercetus beberapa ide dan keputusan antara lain:
– Diadakannya trip domestik ke Ujung Genteng pada tanggal 6 sampai 8 July 2012 (ketok palunya nih).
– Sepakat membuat satu blog yang berisikan kumpulan artikel menarik dan informatif dari para anggota (dan/atau blog anggota) terkait dengan travelling dan kaitannya.
– Blog tersebut tidak akan menggunakan nama dua ransel , nama baru sedang dipikirkan, ada sumbangan ide?
– Next gathering akan diadakan ASAP.
15 + 1 Anggota yang hadir tersebut adalah (their account twitter):
Catatan pribadi saya akan gathering tersebut hanyalah:
Seolah sudah lama sekali saya tidak tertawa begitu lama dan lepas, you guys rock! Thank you.